Jumat, 21 Desember 2012

Upacara Kenduri




  1. Acara Kenduri
Tradisi kenduri di desa bringin masih banyak dilakukan. Kenduri merupakan sebuah tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Kenduri adalah sebuah tradisi berkumpul yang dilakukan secara bersama-sama oleh beberapa orang, biasanya laki-laki, dengan tujuan meminta kelancaran atas segala sesuatu yang dihajatkan dari sang penyelenggara yang mengundang orang-orang sekitar untuk datang kenduren. Bisa berwujud slametan syukuran, bisa juga bisa berwujud slametan peringatan. Kenduri  ini yang terpenting adalah pembacaan doa yang dipimpin oleh orang yang dipandang memiliki pengetahuan tentang Islam, biasanya dipimpin oleh pak kaum (pemuka agama yang di tuakan). Kenduri biasanya diadakan setelah shalat magrib atau shalat isa’. Biasanya mereka duduk mengelilingi nasi kenduri untuk berdoa bersama. Nasi berkat itu akan dibagikan kepada para tamu untuk dibawa pulang.
Pada intinya kenduri merupakan mekanisme sosial untuk merawat dan menjaga kebersamaan sehingga cita-cita yang sejak semua dibuat diteguhkan kembali. Kenduri juga menjadi alat kontrol sosial untuk menjaga gerak dan arah dari cita-cita yang telah diperjuangkan bersama itu. Dalam kerangka mekanisme sosial itulah, kenduri menampung dan mepresentasikan banyak kepentingan. Dari sekian banyak kepentingan itu, semua dilebur menjadi satu tujuan. Kenduri mampu mempersatukan, bahkan semakin mempererat kesatuan itu. Bukan hanya kesatuan kepentingan, kesatuan cita-cita, namun juga kesatuan masing-masing individu yang terlibat didalamnya. Dalam kenduri akan terlihat jelas bagaimana kebersamaan dan keutuhan tercipta: suasana penuh kerukunan, sendau gurau antar sesama, bagi-bagi berkat dari nasi tumpeng yang baru didoakan, atau ketika bersalam-salaman dengan tulus.
  1. Macam-macam kenduri beserta tujuannya
1)      Kenduri selapanan
Tujuan kenduri selapanan adalah untuk mendoakan anak tersebut terhindar dari penyakit, menjadi anak yang berbakti kepada orangtua, terhindar dari bencana, dan menjadi anak yang bermanfaat dalam bermasyarakat. Biasanya kenduri ini diadakan setelah anak berumur 35 hari atau selapan.
2)      Kenduri Suronan
Tujuan diadakan kenduri suronan adalah untuk memperingati tahun jawa. Biasanya tanggal 10 suro dan laksanakan oleh semua warga desa dengan membawa berkat sendiri-sendiri.
3)      Kenduri mitoni
Tujuan kenduri mitoni adalah untuk memperingari kehamilan anak pertama yang masih dalam kandungan dan berumur kurang lebih tujuh bulan.
4)      Kenduri puputan
Tujuan diadakan kenduri puputan adalah untuk memperingati kalau tali puser anak telah lepas. Biasanya dilakukan sebelum anak berumur selapan atau kalau tali pusernya terlepas.
5)      Kenduri memperingati hari meninggalnya seseorang
a.       Kenduri Telongdinanan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati 3 hari orang yang meninggal.
b.      Kenduri Pitungdinanan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati 7 hari orang yang meninggal.
c.       Kenduri Patangpuluhan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati 40 hari orang yang meninggal.
d.      Kenduri Nyatusan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati 100 hari orang yang meninggal.
e.       Kenduri Setahunan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati satu tahun orang yang meninggal.
f.       Kenduri Rongtahunan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati dua tahun orang yang meninggal.
g.      Kenduri Nyewu
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati seribu orang yang meninggal.
6)      Kenduri syukuran
Tujuan diadakan kenduri syukuran adalah untuk mengucapkan syukur karena yang diinginkan sudah tercapai dan orang yang mengadakan kenduri syukuran ini bersedekah dengan masyarakat sekitar
7)      Kenduri Selikuran
Tujuan diadakan kenduri selikuran adalah untuk memperingati puasa sudah 21 hari. Biasanya dilaksanakan oleh semua warga desa dengan membawa berkat sendiri-sendiri.
8)      Kenduri rioyo
Tujuan diadakan kenduri rioyo adalah untuk memperingati orang yang berpuasa dalam satu bulan dan kenduri ini dilaksanakan oleh warga masyarakat dengan membawa berkat sendiri-sendiri.
9)      Kenduri Angsumdahar
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk memperingati calon pengantin sebelum resmi menikah dan biasanya dilaksanakan 2 hari sebelum calon pengantin tersebut menikah.
10)  Kenduri Ruwahan
Tujuan diadakan kenduri ini adalah untuk mendoakan leluhur yang sudah meninggal. Kenduri ini dilaksanakan pada tanggal 10 ruwah atau 20 ruwah.
11)  Kenduri Nyurani
Untuk memperingati anak yang lahir dibulan suro. Biasanya orang jawa memperingati selama 7 tahun dan kenduri ini hanya dilakukan dibulan suro.

  1. Nilai-nilai keislaman
1.      Mempererat tali silahturahmi
2.      Menambah amal shaleh
3.      Bersedekah
  1. Komentar
Saya setuju diadakannya kenduri. karena kenduri merupakan tradisi dari nenek moyang kita yang harus kita lestarikan. Misalkan Tahlilan, pada dasarnya tahlilan adalah sebutan untuk sebuah kegiatan dzikir dan bermunajat kepada allah SWT, yang mana di dalamnya berisi kalimat-kalimat thayyibah, tahmid, takbir, tasbih, hingga shalawat, do’a dan permohonan ampunan untuk orang yang meninngal dunia. Pembacaan al-Qur’an untuk yang meninggal dunia dan yang lainnya. Semua ini merupakan amaliyah yang tidak ada yang bertentangan dengan syariat islam bahkan merupakan amaliyah yang memang dianjurkan untuk memeperbanyaknya.
  1. Sumber Data
1.      Ponijah (ketua muslimat, Bringin, Bayan, Purworejo)
2.      MD Sunaryo (pemuka agama, Bringin, Bayan, Purworejo)

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Laguku

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

 

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger